Manusia sebagai makhluk peneliti
Wahyu pertama yang diturunkan oleh ALLAH SWT kepada
nabi iyalah surat Al-alaq yang berbunyi sebagai berikut :
Surat Al 'Alaq dan artinya
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ١
1. Bacalah dengan (menyebut)
nama Tuhanmu yang Menciptakan,
خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ ٢
2. Dia telah menciptakan
manusia dari segumpal darah.
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ ٣
3. Bacalah, dan Tuhanmulah
yang Maha pemurah,
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ ٤
4. yang mengajar (manusia)
dengan perantaran kalam[1589],
Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan
perantaraan tulis baca.
عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ ٥
5. Dia mengajar kepada
manusia apa yang tidak diketahuinya.
كَلا إِنَّ الإنْسَانَ لَيَطْغَى ٦
6. Ketahuilah! Sesungguhnya
manusia benar-benar melampaui batas,
أَنْ رَآهُ اسْتَغْنَى ٧
7. karena Dia melihat dirinya
serba cukup.
إِنَّ إِلَى رَبِّكَ الرُّجْعَى ٨
8. Sesungguhnya hanya kepada
Tuhanmulah kembali(mu).
أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَى ٩
9. bagaimana pendapatmu
tentang orang yang melarang,
عَبْدًا إِذَا صَلَّى ١٠
10. seorang hamba ketika
mengerjakan shalat,
Yang dimaksud dengan orang yang hendak
melarang itu ialah Abu Jahal, yang dilarang itu ialah Rasulullah sendiri. akan
tetapi usaha ini tidak berhasil karena Abu Jahal melihat sesuatu yang
menakutkannya. setelah Rasulullah selesai shalat disampaikan orang berita itu
kepada Rasulullah. kemudian Rasulullah mengatakan: "Kalau jadilah Abu
Jahal berbuat demikian pasti Dia akan dibinasakan oleh Malaikat".
أَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ عَلَى الْهُدَى ١١
11. bagaimana pendapatmu jika
orang yang melarang itu berada di atas kebenaran,
أَوْ أَمَرَ بِالتَّقْوَى ١٢
12. atau Dia menyuruh bertakwa
(kepada Allah)?
أَرَأَيْتَ إِنْ كَذَّبَ وَتَوَلَّى ١٣
13. bagaimana pendapatmu jika
orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling?
أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَى ١٤
14. tidaklah Dia mengetahui
bahwa Sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?
كَلا لَئِنْ لَمْ يَنْتَهِ لَنَسْفَعًا
بِالنَّاصِيَةِ ١٥
15. ketahuilah, sungguh jika
Dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya
Maksudnya: memasukkannya ke dalam neraka
dengan menarik kepalanya.
نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ ١٦
16. (yaitu) ubun-ubun orang
yang mendustakan lagi durhaka.
فَلْيَدْعُ نَادِيَهُ ١٧
17. Maka Biarlah Dia memanggil
golongannya (untuk menolongnya),
سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ ١٨
18. kelak Kami akan memanggil
Malaikat Zabaniyah[1592],
[1592] Malaikat Zabaniyah ialah Malaikat yang
menyiksa orang-orang yang berdosa di dalam neraka.
كَلا لا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ ١٩
19. sekali-kali jangan,
janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada
Tuhan).
Allah menjanjikan , akan memberi
apapun kepada manusia yang mana manusia tidak tau akan hal itu . oleh karena
itu , manusia di minta untuk membaca hal hal yang berhubungan dengan tanda
tanda kebesaran ALLAH SWT . seperti bacaan pada ayat di bawah :
Wa ma u tiitum minal ngilmi illa
qoliilan
Yang
artinya :
Tidak aku bagikan ilmuku
kecuali sedikit saja
Jadi
, ilmu Allah hanya sedikit yang di
sampaikan pada kita . tapi kita tidak mengetahui keberadaan ilmu pengetahuan
yang ada .
Manusia makhluk budaya
Makhluk budaya artinya makhluk yang berkemampuan melakukan hal-hal yang
positif, menciptakan kebaikan, kebenaran, keadilan dan bertanggung jawab.
Sebagai makhluk berbudaya, manusia mendayagunakan akal budinya untuk
menciptakan kebahagiaan baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat demi
kesempurnaan hidupnya. dimana ALLAH memberikan akal pikiran kepada manusia agar
akal pikiran nya dapat dipergunakan untuk menghasilkan ide dan gagasan yang
selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Sebagai catatan bahwa
dengan pikirannya, manusia mendapatkan ilmu pengetahuan. Dengan kehendaknya,
manusia mengarahkan perilakunya dan dengan perasaannya manusia dapat mencapai
kebahagian
manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral adalah - Tuhan yang maha
esa menciptakan manusia dengan keinginan yang berbeda beda dan tujuan yang
berlainan. Masing masing memiliki kemampuan dan kebutuhan yang berbeda beda.
Tetapi untuk mengembangkan kemampuan dan kebutuhannya memerlukan bantuan orang
lain atau masyarakat.
Manusia
secara kodrati atau alamiah merupakan makhluk pribadi (ndividu) dan mkhluk
sosial serta makhluk pribadi (individu) dan makluk sosial serta makhluk
ekonomi. Sebagai makhluk individu manusia merupakan kesatuan antara jasmani dan
rohani, dimana setiap individu memiliki ciri khas yang berbeda seperti
perbedaan bentuk, bakat, fisik, cara bergaul, kemampuan, dan lain lain
Harrah's Casino - Mapyro
BalasHapusThis 나주 출장샵 casino has a lot 화성 출장샵 to offer as a 세종특별자치 출장마사지 place to stay. It's a 강원도 출장마사지 good location for families, and for business. You can enjoy dining and entertainment at the Harrah's 영주 출장샵