Rabu, 23 Desember 2015

TANDA TANDA KEBESARAN ALLAH SWT ( KAUNIYAH )




TANDA TANDA KEBESARAN ALLAH SWT ( KAUNIYAH)

Sungguh akan bahagia dan selamat bagi siapa saja yang dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap karunia ilmu yang ada dalam Al-Qur'an. Selain itu Allah SWT. juga memberi kita bukti kuasa-Nya dengan adanya ayat-ayat yang tak tersurat dalam Al-Qur'an. Dan pantaslah bagi kita sebagai makhluk dan hamba-Nya untuk senantiasa berkhidmat memikirkan setiap kejadian dan hikmah yang ada dari ayat-ayat kauliyah taupun kauniyah.

          Allahu akbar. Allah Maha Besar. Tiada Tuhan selain Allah. Begitu Maha Kasih dan Sayang Allah telah menciptakan alam semesta dan makhluk-makhluknya.
Kauliyah adalah ayat-ayat yang sudah tertulis dalam Al-Qur'an sedangkan ayat-ayat kauniyah adalah ayat-ayat Allah yang ada di sekitar kita seperti alam, kejadian, persoalan hidup dan segala dinamika yang ada dalam kehidupan, dan yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kauniyah.
Kauniyah adalah ayat atau tanda yang ada di sekeliling manusia yang diciptakan oleh Allah SWT. Kauniyah bersifat sementara karena harus diuji dan dikaji melalui asumsi berdasarkan temuan-temuan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian.

Berikut adalah salah satu contoh dari kauniyah:

QS. Yunus: 101
“Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan Rasul-Rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".

Dalam ayat tersebut, Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW beserta umatnya untuk memerhatikan apa yang ada di langit dan di bumi secara lebih mendetail. Perintah ini mengandung maksud agar manusia menggunakan akalnya untuk mempelajari, meneliti dan mengelola sumber kekayaan alam dan ciptaan Allah yang lain. Manusia harus menguasai berbagai pengetahuan dan teknologi.

Manfaat kauniyah:
1. Merasakan keagungan Allah dan kelemahan diri.
2. Setiap makhluk yang berada di muka bumi menjadi sumber inspirasi bagi manusia.
3. Mendorong manusia untuk bersyukur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar